Selasa, 01 Juni 2010

BUNGA


STRUKTUR BUNGA



Berbagai Bunga Mawar












Struktur Bunga

Bunga pada tanaman merupakan alat kelamin tumbuhan. Tentu saja ada jantan dan ada yang betina. Kalau hewan atau manusia kan ada pria wanita atau hewan jantan dan betina. Sedangkan tumbuhan tidak selalu begitu.

Kalau Pakis Haji (Cycas rumphii) memang seperti orang aja, ada tanaman jantan dan ada tanaman betina. Makanya kalau menanam Pakis Haji harus dua-duanya dan harus berdekatan. he he..kalau jauhan ya..kagak bisa kawin dunx..

Kalau Jagung (Zea mays) punya dua bunga kan? Satu di pucuknya dan satuna di ruas batang.Yang di pucuk batang itu bunga jantan, dan yang di ruas batang, yang ada rambur-rambutnya itu adalah bunga betina.

Nah, kebanyakan tumbuhan hanya punya satu bunga. Tapi pada bunga itu terdapat benangsari yang merupakan bunga jantan, dan putik yang merupakan bunga betina. Yang begini ini dinamakan bunga lengkap.

Gambar di atas adalah bunga lengkap. bagian-bagiannya adalah sebagai berikut:
1. Kelopak bunga (sepal).
2. Mahkota bunga (petal)
3. Benangsari terdiri; tangkai sari (filamen), kepala sari (anther), serbuk sari (polen).
4. Putik terdiri; bakal buah, tangai putik (stilus), kepala putik (stigma).
5. Dasar bunga.

Cape udah dulu yah...

Eh ngomong-omong, bunga itu kebanyakan berwarna-warni yah. Ada yang baunya wangi, trus ada yang lengket-lengket gitu ya..seperti kelenjar madu. kenapa gitu yah? karena udah cape sementara itu dulu, ntar disambung lagi..




Berbagai Bunga Mawar

1 komentar: