Jumat, 14 Mei 2010

POLUSI / PENCEMARAN


Pencemaran istilah lainnya adalah polusi (pollution). Bahan-bahan penyebab pencemaran disebut polutan (pollutant). Polutan dapat berupa bahan kimia, debu sedimen, makhluk hidup atau yang dihasilkan makhluk hidup, panas, suara, atau radiasi.

POLUSI AIR/WATER POLLUTION
Limbah pabrik, limbah rumah tangga, limbah pasar, dan limbah dari area pertanian dapat menimbulkan bahan pencemar air berupa:
1. bahan yang mengandung kuman penyakit.
2. bahan yang membutuhkan banyak oksigen.
3. bahan kimia anorganik dan organik.
4. bahan kimi bersifat radiokaktif dan panas....

Air yang tercemar bisa bikin punah organisme dalam air, juga berbahaya bila dikonsumsi manusia.


POLUSI TANAH / GROUND POLLUTION
Masuknya bahan cair dan padat ke dalam tanah seperti detergent, limbah pabrik, sampah plastik, logam, dll. Ini bisa membunih mikroorganisme, hewan dan tumbuhan sehingga dapat mengganggu jaring-jaring makanan. Oleh sebab itu buanglah sampah pada tempatnya..


POLUSI UDARA/AIR POLLUTION


Penyebab dapat berupa asap pembakaran minyak, batubara, pembakaran hutan, asap pabrik, mesin-mesin, motor, mobil, kompor, pokoknya yang menghasilkan karbondioksida (CO2) ke atmosfer. CO2 ini dapat menghalangi pantulan panas dari permukaan bumi sehingga panas di permukaan bumi meningkat (bisa bikin hareudang kwek 4x). Ini dinamakan efek rumah kaca (greenhouse effect). Efek rumah kaca dapat menyebabkan peningkatan suhu bumi atau pemanasan global (global warming). Pemanasan global menimbulkan perubahan iklim global (global climate change) yang dapat mengakibatkan mencairnya es di kutub bumi. Kalau es di kutub mencair permukaan air laut jelas akan naik, maka pulau-pulau kecil dan pantai akan tenggelam. Bayangkan kota-kota seperti Jakarta, Pantai Pangandaran, dll akan tenggelam...wih!..Untung kita di Sumedang, nggak akan tenggelam kalee..

Terus tingginya jumlah gas belerang oksida (SO, SO
2) yang berreaksi dengan air hujan akan membentuk asam sulfat (H2 SO4). Inilah yang dinamakan hujan asam. Bahaya loh..hewan dan tumbuhan bisa mati semua tuh.., besi dan logam mudah berkarat bangunan cepat keropos dan akhirnya.....ambruk dah.

Ada lagi
loh... CFC (Chloro Fluoro Carbon) bahan pendingin pada AC dan lemari es, terus bahan parfum, dan obat serangga DDT. Bahan-bahan ini (terutama CFC) jika melayang ke angkasa bisa merusak lapisan ozon yang ada di langit sana. Padahal ozon berguna menyaring radiasi sinar ultraviolet dari matahari. Kalau ultraviolet ini langsung kena kulit kita bisa menyebabkan kanker kulit. Oh...repot dech.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar