Jumat, 21 Mei 2010

GALIAN PASIR

THE 7th BEST students' opinion


Rena Sri Susanti (VIID)

Penambangan pasir di lereng gunung sudah pasti akan merusak lingkungan. Apalagi dilakukan secara berlebihan bukan merusak lagi tapi mungkin akan menimbulkan bencana alam seperti banjir dan longsor. Makhluk hidup lain yang hidup yang hidup di lereng gunung itu pun akan kehilangan habitatnya. Memang untuk jaman sekarang pasir sangat dibutuhkan untuk bahan bangunan. Tapi apabila penambangan pasir dilakukansecara berlebihan alam ini pasti akan gersang. Karena tumbuhan di lereng gunung tidak bisa hidup bahkan hampir tidak ada karena terganggu oleh penambangan pasir. Dan mungkin lama-kelamaan akan lebih banyak bangunan-bangunan seperti apartemen daripada alam pegunungan.

Cara mengatasinya;
Pemerintah harus mengadakan peraturan perundang-undangan tentang larangan penambangan pasir yang dilakukan secara berlebihan.

Menegakkan upaya hukum bagi para penambang yang melanggarnya.

Melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian alam.

Membatasi areal penambangan pasir dengan kontrak.

Melakukan penanaman pohon di dekat penambangan pasir supaya lingkungan tidak terlalu gersang.


Entang Sri N (VIID)

....tadinya keadaan lingkungan di lereng gunung sebelum adanya penambangan pasir itu terlihat indah, tanahnya subur, dan juga keadaan suasananya sejuk. Tetapi sekarang setelah adanya penambangan pasir keadaan di lereng gunung menjadi rusak, tidak terlihat indah, suasana udaranya panas, dan juga dapat mengakibatkan longsor. Dan juga apabila penambangan pasir diadakan terus-menerus otomatis semua pohon yang ada di lereng gunung tersebut akan ditebang dan apabila terjadi hujan lebat pasti berakibat banjir karena tidak ada pohon yang dapat menyerap air.
Untuk mengatasinya, lebih baik penambangan pasir diadakan seperlunya saja tidak usah berlebihan. apabila penambangan pasir sudah dilakukan secara berlebihan lebih baik dihentikan saja, dan apabila tidak bisa dihentikan seharusnya pekerja penambangan pasir harus lebih mengerti dengan keadaan lingkungan di sana. Dan seharusnya apabila lahan yang dipakai untuk penambangan pasir tersebut sudah tidak dipakai kita harus memanfaatkannya dengan cara mengadakan penanaman pohon kembali atau penghijauan dan mengembalikan keindahan alam seperti sedia kala.


Dede Tarya (VIID)

Penambangan pasir di lereng gunung secara berlebihan dapat menimbulkan akibat-akibat seperti berikut:
a. dapat membuat lereng gunung menjadi curam, dan bila tidak ada tumbuhan yang menahannya maka bisa terjadi longsor.
b. dapat mengganggu ekosistem sehingga menjadi tidak seimbang.
c. dapat mengurngi jumlah pasir di bumi dan bila dilakukan terus menerus maka persediaan pasir di bumi akan habis.
d. mengurangi luas lahan untuk tumbuh-tumbuhan sehingga daerah tersebut tidak hijau.


Rima Wulandari (VIID)

Jika ada salah satu badan usaha yang menambang pasir secara berlebihan sehingga lapisan tanah akan menipis dan bisa saja sampai habis dan dapat mengakibatkan zat-zat yang ada di dalam perut bumi keluar. Jika penambangan dilakukan di lereng gunung pohon-pohon yang ada di lereng itu ditebang maka otomatis lereng gunung itu akan gundul dan bisa saja terjadi longsor ataupun banjir. Jika penambangan dilakukan di lereng dan menebang pohon maka otomatis hewan-hewan yang hidup di sana akan pergi dari sana dan mencari tempat lain dan bisa saja mati karena tidak dapat menemukan tempat yang cocok. Dan jka hewan masih hidup makanannya pun pasti berkurang. Jika penambangan dilakukan maka akan membuat udara di sekitar lereng panas sedangkan tadinya dingin.

Nina Mayati (VIID)

....kalau di sana terjadi bencana alam akibat penambangan pasir itu, penduduk juga yang akan rugi. Untung saja kalau penduduk diberikan ganti rugi oleh pemilik penambang pasir, kalau tidak?..........Tapi ada dampak yang untung juga bagi penduduk yaitu penduduk bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penambang. Dan juga pemerintah juga mendapat hasil dari penghasilan penambang. itu juga membuat ekonomi semakin besar.


Asep Tarman H (VIID)

........Hampir sebagian lereng menjadi tempat penambangan pasir. Itu sangat mengurangi keindahan lereng-lereng gunung. Oleh karena itu lereng gunung yang tadinya sejuk menjadi sangat panas karena penebangan pohon untuk tempat penambangan. Dan mengakibatkan banjir karena air hujan langsung jatuh ke tanah dan tanpa diresar oleh pohon. Dan banyak debu-debu pasir di sekitar lereng gunung tersebut mengakibatkan banyak orang sakit di sekitar lereng gunung tersebut.
Harus usul kepada pemerintah agar mengadakan pengijauan agar lahan tidak digali......


Kiki Sulastri (VIID)


Pemerintah harus menindak orang yang menambang pasir secara berlebihan.
Harus ada batas waktu dan batas pengambilan pasir.
Dan diadakannya sanksi yang sangat berat kepada orang yang melebihi batas waktu dan batas pengambilan pasir.
Dan pemerintah jangan tergiur oleh uang sogokan dari orang yang mengambil pasir.

2 komentar: